MISI KEMANUSIAAN KE GAZA

Prabowo ke 40 Nakes yang Akan Jalani Misi Kemanusiaan Gaza: Tunjukkan Solidaritas

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 07 Agustus 2024 | 20:44 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat temui tim Kemanusiaan Gaza (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto saat temui tim Kemanusiaan Gaza (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 40 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI yang akan berangkat untuk misi kemanusiaan Gaza di Ruang Bhinneka Tunggal Ika (BTI), Kemhan, Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2024.

Kepada puluhan nakes TNI tersebut, Prabowo mengatakan kondisi yang terjadi di Gaza, Timur Tengah telah mengusik rasa kemanusiaan. Untuk itu, Indonesia harus menunjukkan sikap solidaritas untuk Palestina.

“Bangsa Indonesia harus menunjukkan suatu sikap solidaritas, sikap kemanusiaan dalam rangka membela semangat kemerdekaan, hak bangsa untuk hidup dan menentukan nasibnya sendiri tanpa penindasan,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terima kasih kepada 40 nakes TNI yang telah bersedia untuk melaksanakan tugas ini. “Selamat berjuang semuanya,” lanjut Prabowo.

Pelaksanaan penugasan nakes TNI ini akan berlangsung selama empat bulan di wilayah El Arish, Mesir dengan menyesuaikan perkembangan situasi.

Rencananya 25 dari 40 personel nakes TNI yang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga medis lainnya tersebut akan ditugaskan di Floating Hospital Persatuan Emirat Arab untuk misi kemanusiaan Gaza dan akan diberangkatkan pada hari Jumat, 9 Agustus mendatang. Sisanya akan diberangkatkan menyusul perkembangan terkait keamanan. 

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Ujang Darwis turut memaparkan laporan terkait arahan Menhan Prabowo untuk menyiapkan fasilitas lapangan bagi nakes TNI dalam misi kemanusiaan ini.

“Hasil peninjauan kami pada bulan Juli lalu, bahwa fasilitas sangat lengkap. Akomodasi baik, Wi-Fi dan makanan juga sangat baik di sana,” ujar Ujang.

Sejumlah pejabat TNI turut hadir di pembekalan tersebut di antaranya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto; Asops Panglima TNI Mayjen TNI Gabriel Lema; Kapuskes TNI Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama Sp.A(k)., M.A.R.S., M.H.; Komandan PMPP TNI Mayjen TNI Taufik Budi Santoso; Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailaniserta dan Pejabat Eselon I dan II Kemhan.sinpo

Komentar: