PKB DAN NU

Jazilul Sebut PKB dan PBNU Tak Punya Hubungan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:45 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid (SinPo.id/Parlementaria)
Waketum PKB Jazilul Fawaid (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid menegaskan partainya tak memiliki hubungan sama sekali dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). PKB tak pernah merasa punya masalah dengan PBNU.

"Sebenarnya bukan pertikaian, hanya ingin mendudukkan masalah saja bahwa PKB dan PBNU itu tidak ada hubungan sama sekali," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 6 Agustus 2024.

Dia menekankan jika PKB berdaulat dengan menjalankan Undang-Undang Partai Politik. Sedangkan, NU menjalankan Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas).

Untuk itu, dia menilai ketika Ormas membentuk tim yang mengintervensi kewenangan suatu partai politik maka artinya bentuk penyerobotan.

"Itu artinya tindakan melawan hukum, itu artinya tindakan melawan konstitusi gitu, dan itu yang memang harus dijelaskan kepada publik supaya masing-masing saling menghormati," kata dia.

Sebelumnya, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus Anggota Tim Panel Panitia Khusus PBNU, Cholil Nafis, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa mengumumkan hasil sementara dari pansus yang mengurusi hubungan antara lembaganya dengan PKB.

"Ya kami baru mengumpulkan, kan yang bercerita seperti Lukman Edy, cuma satu orang kan. Saya pikir tidak pas untuk menjadi temuan ya," kata Cholil.

Dia menjelaskan, Pansus PBNU baru akan mengumumkan hasil rekomendasi untuk mengharmoniskan hubungan dengan PKB setelah berbicara dengan banyak pihak. Pembentukan Pansus PBNU disebut digulirkan untuk menyinkronkan dan mengharmoniskan hubungan PBNU dengan PKB.sinpo

Komentar: