DPR Rotasi Ketua Baleg dari Supratman ke Wihadi Wiyanto

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 06 Agustus 2024 | 12:52 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Wihadi Wiyanto (kedua dari kanan) dilantik menjadi Ketua Baleg DPR RI menggantikan Supratman Andi Agtas. (SinPo.id/Istimewa)
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Wihadi Wiyanto (kedua dari kanan) dilantik menjadi Ketua Baleg DPR RI menggantikan Supratman Andi Agtas. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - DPR RI mengganti Ketua Badan Legislasi (Baleg) yang semula dijabat Supratman Andi Agtas digantikan Wihadi Wiyanto. Rotasi jabatan itu berlangsung di tengah-tengah rapat pleno pembahasan rancangan undang-undang (RUU) yang akan carry over atau dibawa ke DPR RI periode 2024-2029.

Mulanya rapat ini dipimpin oleh Supratman. Namun, di sela-sela berjalannya sidang, Wakil Ketua DPR RI Dasco mendatangi ruangan rapat lalu mengambil alih pimpinan rapat.

"Pimpinan DPR sudah menerima surat dari Fraksi Partai Gerindra DPR RI pada tanggal 1 Agustus 2024 perihal penggantian Ketua Baleg dari Fraksi Partai Gerindra, mengalami perubahan yang semula Supratman Andi Agtas, digantikan oleh Wihadi Wiyanto," kata Dasco di ruang rapat Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Setelah disetujui peserta rapat Baleg DPR RI, Dasco bersama Wihadi pun melakukan seremoni penyerahan palu sidang. Dasco mengucapkan terima kasih kepada Supratman yang telah menjabat sebagai Ketua Baleg selama satu periode terakhir.

"Yang baru untuk sementara magang mempelajari situasi selama 2 bulan. Kalau sukses ditempatkan yang lebih bagus," kata Dasco.

Selain itu, Ketua Harian Partai Gerindra ini juga mengumumkan pergantian Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) Partai Gerindra di Baleg DPR RI. Gerindra menugaskan Supratman menggantikan Heri Gunawan.

Usai meninggalkan ruang rapat, Dasco menjelaskan penggantian Ketua Baleg DPR RI itu merupakan penyegaran. Sebagai petinggi partai, dia ingin pejabat yang baru menyelami permasalahan-permasalahan dalam bidang legislasi.

Sementara itu, Supratman menjelaskan bahwa rapat pleno yang digelar pada masa reses telah mendapat persetujuan dari pimpinan DPR RI. Setelah diganti, Supratman lantas duduk di kursi anggota Baleg DPR RI dan sidang dilanjutkan oleh Wihadi.

Dengan berganti pucuk pimpinan, maka susunan pimpinan Baleg DPR RI terbaru, yakni ketua dijabat oleh Wihadi (Fraksi Partai Gerindra) dan wakil ketua dijabat oleh Ichsan Soelistio (Fraksi PDI Perjuangan), Willy Aditya (Fraksi Partai NasDem), Abdul Wahid (Fraksi PKB), dan Achmad Baidowi (Fraksi PPP).sinpo

Komentar: