Mendag Dorong Pelajar Gunakan UMKM Lokal

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 05 Agustus 2024 | 04:55 WIB
UMKM
UMKM

SinPo.id -  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong para pelajar sebagai generasi muda untuk memprioritaskan penggunaan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang kini kian berdaya saing dan sebagai bentuk rasa cinta tanah air. Keputusan generasi muda dalam mengutamakan produk lokal berperan penting terhadap pengembangan UMKM.

Hal tersebut diutarakan Mendag Zulkifli Hasan pada kegiatan sosialisasi Bangga, Beli, dan Bela produk dalam negeri di tiga sekolah di Lampung Selatan, yaitu di SMK Swadhipa 2 Natar, SMK Yadika Natar, dan SMAN 1 Natar, Jumat 2 Agustus 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh total 2.600 siswa.

“Bukan hanya bangga, tapi juga harus beli. Selanjutnya adalah ikut mempromosikan produk UMKM. Sudah banyak sekali karya lokal Indonesia yang berkualitas,” tandas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan meyakini, dengan menambah wawasan para pelajar terkait potensi yang dimiliki UMKM Indonesia sekaligus relevansi pilihan mereka terhadap ekonomi nasional, kecintaan para pelajar terhadap produk dalam negeri pun akan menguat. Melalui anak muda yang menggunakan dan memperkenalkan produk dalam negeri kepada masyarakat secara tidak langsung berimbas pada menurunnya peredaran produk impor ilegal.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan bersama kementerian dan lembaga terkait lainnya telah membentuk Satgas Pengawasan Barang Impor Ilegal. Ini merupakan wujud penguatan sisi pengawasan sekaligus bentuk perlindungan terhadap produk lokal dari gempuran produk impor ilegal.

“Satgas Pengawasan Barang Impor Ilegal adalah bentuk upaya pemerintah melindungi UMKM Indonesia. Upaya ini sejalan dengan semangat untuk memajukan karya anak bangsa,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

Di akhir kegiatan, Mendag Zulkifli Hasan berpesan agar para pelajar benar-benar bertekad untuk mewujudkan cita-cita dan selalu bijak mengambil keputusan demi masa depan yang lebih baik, termasuk agar mampu memajukan Indonesia.

“Dalam setiap perjuangan pasti akan ada risiko dan tantangan. Namun, tidak boleh mudah menyerah. Ingatlah bahwa masa depan Lampung Selatan bahkan Indonesia ada di tangan kalian,” tegas Mendag Zulkifli Hasan.sinpo

Komentar: