PEMBIAYAAN UMKM

DPR Minta Himbara Edukasi UMKM untuk Peroleh Skema Pembiayaan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 04 Agustus 2024 | 23:15 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS Amin AK (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS Amin AK (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK, meminta Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara, untuk turut aktif mengedukasi pelaku UMKM dalam memperoleh skema pembiayaan dan tidak mempersulit pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Harus ada edukasi ke UMKM, tetap harus ada proses seleksi, tapi jangan mempersulit dengan berbagai persyaratan administrasi yang banyak. Apalagi sampai soal (meminta) jaminan," kata Amin dalam keterangan persnya, dikutip Minggu 4 Agustus 2024.

Menurutnya, KUR bagi UMKM sudah dijamin oleh instansi penjamin, yakni askrindo dan jamkrindo, sehingga bank tidak perlu khawatir untuk memberikan KUR kepada UMKM. Terlebih posisi UMKM saat ini sangat strategis, lantaran ada 64 juta lebih orang yang terlibat di dalamnya.

Selain itu, UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen. Sedangkan dari sisi kontribusi terhadap pendapatan negara, lewat PDB yang mencapai lebih dari 60 persen.

Namun, UMKM saat ini tengah mengalami tantangan serbuan produk-produk luar negeri (impor) di era digitalisasi seperti sekarang ini. Baik produk impor legal maupun ilegal. 

Meski demikian, Amin menegaskan perlu adanya perlu ada edukasi dari bank himbara, agar tidak ada kredit macet yang membuat kerugian di pihak-pihak tertentu.

"Kita akan terus kawal dan kita akan selalu ingatkan Himbara terkait KUR ini. Belajar dari apa yang terjadi di PT PNM (Permodalan Nasional Madani) ya, dengan rasio NPL (Non Performing Loan) sangat rendah di bawah 1 persen tapi bisa terus menyalurkan kredit, dan survive hingga saat ini," tandasnya.sinpo

Komentar: