PILGUB JAKARTA

Projo Yakin RK Dapat Tumbangkan Anies Jika Maju di Pilgub Jakarta

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 18:56 WIB
Bendum Projo Panel Barus (SinPo.id/ Ashar)
Bendum Projo Panel Barus (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Bendahara Umum DPP Relawan Pro Jokowi (Projo) Panel Barus, sangat yakin Ridwan Kamil mampu mengalahkan Anies Baswedan jika bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Alasannya, dalam sejarah Pilkada Jakarta, calon pertahana selalu kalah, ditambah keunggulan survei juga kerap meleset dari perhitungan riil. 

"Incumbent itu nggak pernah menang di Jakarta. Di Jakarta selalu yang diunggulkan di survei, dia nggak menang," ujar Panel di DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 Agustus 2024. 

Panel lantas mencontohkan saat Pilkada 2012 lalu ketika pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Nara dalam survei selalu unggul dari pasangan Jokowi - Ahok. Karena, Foke merupakan gubernur pertahanan. Namun, yang menang Pilkada adalah pasangan Jokowi-Ahok. 

Begitu pun Pilkada 2017. Berdasarkan survei pasangan Ahok-Djarot selalu tinggi, tetapi yang menang pasangan Anies-Sandiaga Uno. 

"(Pilkada DKI) 2012 di survei siapa yang unggul? Foke (Fauzi Bowo), yang menang Jokowi. 2017, di survei yang tinggi siapa? Ahok, yang menang? Anies. Nah berartikan yang di survei yang tinggi malah yang nggak menang," tutur Panel.

Karenanya, Panel yakin Anies akan kalah jika melawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

"Projo optimis Ridwan Kamil. Masalah wakil teman-teman partai yang ngurus itu. Kami tunggu, kami akan dukung dan gerakan mesin Projo di 267 kelurahan di Jakarta dan 44 kecamatan kita gerakkan untuk menangkan Ridwan Kamil," kata dia.sinpo

Komentar: