Mensesneg Mohon Maaf Bandara IKN Belum Beroperasi pada 17 Agustus

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 02 Agustus 2024 | 10:40 WIB
Mensesneg Pratikno. (SinPo.id/Setpres)
Mensesneg Pratikno. (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno meminta maaf karena bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) belum dapat digunakan saat upacara peringatan HUT RI ke-79, pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya bapak,ibu, yang berminat ke IKN ini harus menahan diri tahun depan saja. Karena ini akan sangat-sangat terbatas," kata Pratikno di Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

Pratikno menyampaikan, nantinya para tamu mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, untuk menuju IKN dalam rangka menghadiri upacara kemerdekaan.

"Perihal Bandara sampai sekarang belum bisa beroperasi," katanya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, penyebab pembangunan bandara Nusantara di IKN molor karena hujan terus menerus terjadi.

"Target kami waktu itu 2.200 meter sampai dengan 17 Agustus, tapi karena kondisi hujan waktu yang lalu sekarang ini 24 jam kami kawal dengan TMC, sehingga Alhamdulillah kami 2 minggu di sana juga nggak hujan," kata Basuki.

Karena itu, pemerintah menyiapkan dua alternatif jalan. Pertama, melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) exit KM 11, dilanjutkan ke Jembatan Pulau Balang-Simpang Riko sepanjang 88 kilometer. Estimasi waktu tempuh 90 menit.

Alternatif kedua, tamu undangan bisa melalui Tol Balsam exit KM 38, kemudian melalui Jalan Nasional Samboja. Waktu tempuh 150 menit atau hampir dua jamsinpo

Komentar: