DPR Kecam Serangan Militer Israel yang Tewaskan Ismail Haniyeh

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Agustus 2024 | 08:35 WIB
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh (SinPo.id/Getty Image)
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh (SinPo.id/Getty Image)

SinPo.id - Anggota DPR RI, Syahrul Aidi Maazat, mengecam serangan militer Israel yang menewaskan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, Iran. Ia juva turut memberikan ucapan belasungkawa atas kematian Pejuang Palestina tersebut.

"Kita turut berbelasungkawa atas kematian Ismail Haniya oleh serangan militer Israel di Iran. Kita mengecam tindakan Israel tanpa mempertimbangkan rasa kemanusian dan menghormati kedaulatan negara lain," kata Syahrul, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 2 Agustus 2024.

Sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI untuk Palestina, Syahrul meminta dunia untuk terus memantau penyelidikan menyeluruh atas insiden yang dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait di Iran.

"Penyelidikan kematian atas insiden terbunuhnya pimpinan tertinggi Hamas oleh otoritas Iran harus dipantau secara serius oleh dunia. Jangan sampai terjadi lagi dan merugikan hubungan internasional," jelasnya.

Menurutnya, serangan tersebut akan memperburuk situasi di Timur Tengah, khususnya agenda gencatan senjata. Sehingga dikhawatirkam akan ada aksi balasan dari Hamas ke negara Israel yang membuat agenda gencatan senjata hanya jadi isapan jempol belaka.

"Situasi ini akan memperburuk keadaan di timur tengah. Di saat ada langkah konstruktif dari negara Tiongkok yang menyatukan faksi Fatah dan Hamas. Ini langkah nyata menuju perdamaian,” terangnya.

Diketahui, Haniyeh tewas akibat rudal yang menghantamnya secara langsung di wisma tamu negara tempat ia menginap, dan serangan itu terjadi beberapa jam setelah ia menghadiri upacara pelantikan presiden baru Iran.sinpo

Komentar: