Hizbullah: Perang dengan Israel Telah Masuki Fase Baru

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Agustus 2024 | 07:48 WIB
Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah (SinPo.id/Reutres)
Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah (SinPo.id/Reutres)

SinPo.id - Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan, perang dengan Israel telah memasuki fase baru. Hal itu ia sampaikan di hadapan para pendukung saat pemakaman komandan senio Hizbullah, Fuad Shukr, yang tewas dalam serangan Israel di Beirut.

Nasrallah juga mengatakan, pibaknya sedang mempertimbangkan tanggapan nyata dan terencana sebagai serangan balasan, meski beberapa negara mendesak Lebanon untuk tidak melakukan pembalasan.

"Israel telah melewati batas merah dan tanggapan tidak dapat dihindari. Eskalasi regional akan bergantung pada tanggapan Israel terhadap pembalasan yang akan datang," kata Nasrallah, dilansir dari Al Jazeera, Jumat, 2 Agustus 2024.

Diketahui, serangan yang menewaskan Shukr menargetkan lingkungan Haret Hreik, daerah padat penduduk di pinggiran selatan Beirut, Dahiyeh, pada hari Sabtu. Tiga wanita dan dua anak juga tewas dan puluhan orang lainnya terluka.

Militer Israel mengatakan serangan presisi yang menargetkan Shukr merupakan tanggapan atas serangan yang menewaskan 12 anak-anak dan remaja yang bermain sepak bola di Majdal Shams di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Namun, Hizbullah telah membantah bertanggung jawab atas insiden tersebut, dan menegaskan kembali bahwa Hizbullah akan mengakui kesalahan jika sebuah roket yang diluncurkan meleset.sinpo

Komentar: