PAN Sambut Baik Wacana Pembentukan 'KIM Plus' untuk Pilkada 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 01 Agustus 2024 | 19:13 WIB
Direktur Jubir TKN Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Direktur Jubir TKN Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Waketum PAN Viva Yoga menyambut baik adanya wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dalam Pilkada 2024. KIM Plus diyakini bisa meraih kemenangan elektoral di beberapa pilkada.

"Senang sekali apabila di daerah khusus Jakarta dan Jawa Tengah ada tambahan koalisi dari KIM. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kemenangan elektoral di pilkada," kata Viva kepada wartawan, Kamis, 1 Agustus 2024.

Viva menilai partai dengan basis pemilih yang berbeda akan memperbesar kemenangan salah satu calon di Jakarta. Dia berharap partai yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Perubahan bisa bersanding dengan KIM ke depan.

"Yang kedua, bisa menambah nilai elektoral sehingga potensi menang itu bisa terbuka lebar. Untuk partai mana, kami harapkan beberapa partai yang menjalin komunikasi seperti NasDem, PKB, PKS gitu loh, jadi kita lihat dinamika perkembangan politik di lapangan," kata Viva.

Kendati demikian, Viva belum mau memerinci calon di Pilkada Jakarta yang akan diusung partainya. Dia menyebut hingga saat ini belum ada kandidat yang resmi mendapatkan Surat Keputusan (SK) dukungan dari partai politik.

"Untuk calon dari KIM nanti akan diumumkan ditunggu saja ya. Dan memang semuanya belum ada yang secara resmi memiliki SK B1.KWK," ucap Viva.

Viva menyebut meski sudah ada deklarasi untuk salah satu calon di Jakarta, namun situasi politik menjelang pilkada masih dinamis. Dia mengaku akan melihat perkembangannya politik ke depan.

"Tapi, dari deklarasikan sudah menyatakan mendukung salah satu calon atau mendukung calon yang lain, tapi kan masih sangat dinamis. Soal partai yang mau kerja sama dengan KIM ya nanti dilihat perkembangannya," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengungkap wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) 'Plus' untuk mengusung calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta hingga Jawa Tengah. Namun, Dasco belum mengungkap partai apa yang akan bergabung dengan KIM untuk pilkada.

Dasco awalnya menyebut para Ketum di KIM 'Plus' sudah mengantongi nama-nama yang akan diusung di pilkada. Namun, dia enggan membocorkan siapa saja nama-nama tersebut.

"Ya kan tadi saya bilang sudah kita sampaikan namanya sudah ada di Ketua Umum Parpol Koalisi Indonesia Maju. Kalau bocoran enggak boleh dong sekarang," kata Dasco beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: