ISMAIL HANIYEH WAFAT

Ismail Haniyeh Wafat, Fadli Zon: Insyaallah Palestina Merdeka

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 01 Agustus 2024 | 09:24 WIB
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, dalam serangan di Teheran, Iran.

Ia juga mengenang perjuangan Haniyeh dalam memimpin para pejuang Hamas melawan Israel untuk kemerdekaan Palestina.

“Innalillahi wainnailaihi raajiun. Turut berduka cita atas syahidnya, pemimpin pejuang perlawanan Palestina, Allahyarham Ismail Haniyah. Tak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Selamat jalan Ismail Haniyah. Insya Allah Palestina merdeka!,” ujar Fadli dalam keterangan persnya, dikutip Kamis 1 Agustus 2024.

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu juga mengaku pernah bertemu dan menyerahkan keris kepada Ismail Haniyeh di sela-sela Konferensi Palestina di Istanbul, Turki 3 Desember 2021 silam, dan pertemuan terakhirnya terjadi pada 1 Juli 2024 di Doha ,Qatar.

Dalam pertemuan di Qatar, Fadli mengatakan pihaknya membicarakan dukungan DPR RI untuk kemerdekaan Palestina dan bantuan kemanusiaan bagi korban dan pengungsi Gaza.

Meski demikian, Kekerabatan DPR RI dengan Ismail Haniyeh tersebut juga telah berlangsung sejak lama, khususnya saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Terlebih, kata Fadli, pihaknya juga pernah menerima surat resmi tanda ucapan terima kasih rakyat Palestina atas bantuan perjuangan rakyat dan para pemimpin Indonesia untuk kemerdekaan Palestina, yang ditandatangani langsung oleh Ismail Haniyeh.sinpo

Komentar: