PILGUB JAKARTA

Bawaslu DKI Minta Jajarannya Tingkatkan Kapasitas Pengawas Jelang Pilkada

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 31 Juli 2024 | 22:37 WIB
Gedung Bawaslu DKI (SinPo.id/ Beritajakarta)
Gedung Bawaslu DKI (SinPo.id/ Beritajakarta)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta meminta jajarannya untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk mengidentifikasi pelanggaran pemilu menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. 

"Peningkatan kapasitas ini sangat vital untuk menghadapi tantangan penanganan pelanggaran yang mungkin timbul selama Pilkada 2024,”  kata Anggota Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo dalam keterangannya, Rabu, 31 Juli 2024.

Menurut dia, panitia pengawas pemilu di masing-masing kecamatan dapat memiliki kemampuan yang memadai dalam mendeteksi dan menangani pelanggaran pemilu melalui pelatihan yang rutin.

"Kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan demokratis. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas dan profesionalisme dalam penanganan pelanggaran adalah hal yang tidak bisa ditawar,” ungkap dia. 

Benny juga mengingatkan, kolaborasi antara lembaga terus dilakukan untuk membangun koordinasi antara Bawaslu, Panwascam, dan pemangku kebijakan untuk menciptakan sinergi dalam pengawasan pemilu.

Lebih lanjut, dia menuturkan pihaknya juga terus melakukan penguatan sistem pengawasan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan pelaporan dan penanganan pelanggaran, serta transparansi dalam proses pengawasan.

"Penegakan hukum yang tegas harus dilakukan dan pelanggaran yang ditemukan harus ditindaklanjuti dengan tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Benny. sinpo

Komentar: