SELEKSI CAPIM KPK

Pahala Nainggolan: Tes Tertulis Capim KPK Terkait Pengetahuan Teknis dan Gagasan

Laporan: david
Rabu, 31 Juli 2024 | 20:48 WIB
Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (SinPo.id/ Dok. Kemenag)
Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (SinPo.id/ Dok. Kemenag)

SinPo.id - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengapresiasi materi dalam tes tertulis seleksi calon pimpinan (capim) KPK yang digelar pada hari ini, Rabu, 31 Juli 2024.

Pahala mengatakan, materi yang disajikan oleh panitia bagus karena tak hanya membahas soal pasal. Hal ini disampaikannya usai menjalani tes tertulis di Kantor Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

“(Periode) lalu kan pengetahuan teknis saja. Pasal-pasal. Kalau ini enggak. Ada pengetahuan teknis tapi ada gagasan juga. Kan cakep tuh,” jelas Pahala kepada wartawan.

“(Ada) empat (soal) wajib, dua pilihan. Awalnya sembilan kan, pilihan dua dari lima. Jadi enak tuh, enak, enak. Semua, yakin, semua bagian bisa menulis panjang lah,” sambungnya.

Meski begitu, ia tak mau bicara banyak soal tes tertulis yang baru dijalaninya itu. Termasuk soal keyakinannya untuk lolos ke tahapan selanjutnya dalam proses seleksi sebagai pimpinan.

“Kamu nanya sama saya,” ujarnya singkat sambil tersenyum.

Diberitakan sebelumnya, tes tertulis ini hanya diikuti 229 dari 236 calon pimpinan KPK yang sudah lolos seleksi adminstrasi. Jumlah ini berkurang karena ada tujuh orang yang absen dan langsung dinyatakan gugur.

Selanjutnya, hasil tes tertulis ini diumumkan pada 8 Agustus. Pengumuman bisa diakses melalui situs Sekretariat Negara maupun KPK.sinpo

Komentar: