PESEPEDA JAKARTA

Cegah Kecelakaan, Pesepeda di Sudirman-Thamrin Wajib Masuk Jalur Khusus

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 27 Juli 2024 | 12:53 WIB
Ilustrasi pesepeda (SinPo.id/ Dok. Dishub)
Ilustrasi pesepeda (SinPo.id/ Dok. Dishub)

SinPo.id - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengingatkan, pesepeda saat melintasi jalur cepat Sudirman-Thamrin, pada hari kerja Senin-Jumat, wajib masuk lajur sepeda yang telah disediakan ketika pukul 06.00 WIB. 

Hal itu disampaikan Syafrin menanggapi viralnya di media sosial, pengemudi sepeda yang ngotot memasuki jalur cepat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

"Artinya, kecelakaan yang melibatkan para pesepeda pada kawasan tersebut bisa dihindari dengan pengaturan ini," kata Syafrin kepada wartawan, Sabtu, 27 Juli 2024. 

Syafrin menyampaikan, pada pukul 06.00 WIB ke atas, ada banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang mulai lalu lalang di jalur cepat Jalan Sudirman-Thamrin.

Ia mengakui, dulu memang pengemudi sepeda diizinkan melintasi jalur cepat Jalan Jenderal Sudirman hingga pukul 06.30 WIB. Namun, banyak terjadi peristiwa kecelakaan antara pesepeda dengan kendaraan roda dua dan empat di jalur cepat tersebut. 

Akhirnya, Dishub DKI bersama Ditlantas Polri melakukan evaluasi. Hasilnya, diambil kesepakatan untuk memberikan jaminan keselamatan kepara pesepeda dengan memberikan batas jam gowes di jalur cepat. Dan, kecelakaan yang melibatkan pesepeda berkurang sejak aturan dijalankan.

"Mereka diatur pada pukul 06.00 WIB. Mereka diarahkan untuk masuk ke jalur sepeda yang tersedia di sepanjang Sudirman-Thamrin," ujar Syafrin.

Lebih lanjut, dia mengimbau pesepeda menaati rambu-rambu lalu lintas di ruas Jalan Sudirman-Thamrin. Rambu peraturan terpasang di banyak titik sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Senin sampai Jumat, mereka wajib masuk jalur sepeda karena kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi, kita hindari kecelakaan yang mengakibatkan pesepeda itu sendiri yang nantinya akan menjadi korban. Hari Sabtu, silakan (masuk jalur cepat), Minggu juga kan sudah dipersilakan," tukasnya. sinpo

Komentar: