Jelang Berkantor di IKN, Jokowi Terima Laporan Suplai Air Bersih Sudah Tersedia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 25 Juli 2024 | 17:13 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah menerima laporan dari otoritas berwenang jika suplai kebutuhan air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) telah tersedia menjelang rencana berkantor mulai 28 Juli 2024.

"Yang disampaikan ke saya, airnya sudah masuk," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024.

Menurut Kepala Negara, rencana untuk berkantor di IKN mulai 28 Juli 2024 bergantung pada kesiapan fasilitas. Di antaranya perabotan kantor serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

"Saya akan tetap akan melihat fasilitasnya sudah selesai atau belum, siap atau belum," ujarnya.

Pada hari tersebut, Jokowi direncanakan meresmikan infrastruktur tol dan meninjau progres pembangunan IKN. Selain itu, Presiden dijadwalkan memimpin jalannya Sidang Kabinet perdana yang direncanakan berlangsung di Kantor Presiden kawasan IKN.

"Kalau semuanya sudah siap. Kalau kursinya belum siap gimana? Duduk masa lesehan, sidang kabinet lesehan," paparnya.

Jokowi kembali menegaskan bahwa dirinya tidak ingin memaksakan kehendak untuk berkegiatan di IKN bila hal itu berpengaruh pada penurunan kualitas interior hingga bangunan di IKN.

"Semuanya kesiapan, sekali lagi kesiapan di IKN, dan kita tidak ingin paksa-paksa yang nanti menurunkan kualitas interior, bangunan, nggak. Selama itu benar-benar siap, saya akan masuk," katanya.sinpo

Komentar: