GURU HONORER JAKARTA

Legislator Minta Pemprov DKI Angkat 4.000 Guru Honorer dengan Jalur KKI

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 23 Juli 2024 | 21:54 WIB
Ilustrasi guru (SinPo.id/Shutterstock)
Ilustrasi guru (SinPo.id/Shutterstock)

SinPo.id - Anggota DPRD DKI Jhonny Simanjuntak meminta kepada Pemprov untuk mengangkat empat ribu guru honorer di Jakarta menjadi guru dengan jalur Kontrak Kerja Individu (KKI).

"Jangan cuma 1.700 yang diangkat menjadi KKI," kata Johnny dalam keterangannya, Selasa, 23 Juli 2024.

Menurut dia, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta itu mencapai Rp81,7 triliun, sehingga bisa mencukupi ketika hanya untuk merekrut 4.000 guru honorer menjadi KKI.

"Anggaran kita itu banyak. Jadi, kami rasa itu akan mencukupi," tuturnya. 

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Budi Awaluddin mengatakan, saat ini DKI Jakarta memiliki 4.000 guru honorer yang didanai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tahun ini ada perekrutan sebanyak 1.700 dari jalur KKI.

Menurut dia, ketika  guru honorer diangkat semua menjadi KKI maka anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan tidak mencukupi untuk itu.

"Kondisi anggaran kita saat ini, sudah terbatas dan kita hanya punya dana untuk 1.700 guru. Kalau misalkan mau (4.000 guru) maka harus ada rapat besar," ungkap Budi. 

Budi pun sangat senang ketika DPRD DKI mau mendukung Disdik Jakarta, lantaran bisa jadi untuk guru honorer yang jumlahnya empat ribu orang dapat diangkat melalui jalur KKI.

"Mudah-mudahan kalau di-backup DPRD bisa seperti itu," tuturnya. 

 

 sinpo

Komentar: