Para Pemimpin Dunia Tanggapi Mundurnya Joe Biden dari Pencapresan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 22 Juli 2024 | 12:31 WIB
Presiden AS Joe Biden bersama dengan para pemimpin dunia. (SinPo.id/AP)
Presiden AS Joe Biden bersama dengan para pemimpin dunia. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Para pemimpin dunia memberikan tanggapan atas keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang mundur dari pencapresan dan mengusung kandidat lain dalam Pemilu AS.

"Saya menghormati keputusan Presiden Biden dan saya berharap kita bekerja sama selama sisa masa jabatan kepresidenannya," Perdana Menteri Inggris Sir Keir Starmer, yang baru saja dilantik tiga minggu lalu. Dilansir dari Fox News, Senin 22 Juli 2024.

"Saya tahu bahwa, seperti yang telah dilakukannya sepanjang kariernya yang luar biasa, dia akan membuat keputusannya berdasarkan apa yang dia yakini terbaik bagi rakyat Amerika," tambahnya.

Sementara mantan perdana menteri Inggris dan anggota parlemen saat ini, Rishi Sunak, mengatakan bahwa Biden merupakan sosok presiden yang berdedikasi tinggi dalam mengabdi karena kecintaannya terhadap Amerika.

"Kemitraan kami telah menghasilkan pencapaian yang signifikan, termasuk AUKUS, dukungan yang teguh untuk Israel, dan upaya bersama dalam membela rakyat kami dari ancaman Houthi. Saya mendoakan yang terbaik untuknya," kata Sunak.

Kemudian Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, juga mengunggah ucapan terima kasihnya kepada Biden di X, karena terus memberikan dukungan kepada Ukraina di tengah invasi Rusia.

"Kami akan selalu berterima kasih atas kepemimpinan Presiden Biden. Ia mendukung negara kami selama momen paling dramatis dalam sejarah, membantu kami mencegah Putin menduduki negara kami, dan terus mendukung kami selama perang yang mengerikan ini," ungkapnya.

Selain itu, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, turut memberikan penghormatan kepada Biden, dan berterima kasih atas kepemimpinan dan pengabdiannya yang berkelanjutan.

"Saya memuji aliansi AS-Australia yang lebih kuat dari sebelumnya dengan komitmen bersama kita terhadap nilai-nilai demokrasi, keamanan internasional, kemakmuran ekonomi, dan aksi iklim untuk generasi ini dan generasi mendatang," katanya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, menyebut Biden sebagai orang hebat, dan menambahkan bahwa semua yang ia lakukan dipandu oleh kecintaan kepada negaranya.

"Sebagai presiden, ia adalah mitra bagi warga Kanada, dan sahabat sejati. Kepada Presiden Biden dan Ibu Negara: Terima kasih," tulis Trudeau di X.

Bahkan Kanselir Jerman Olaf Scholz, ikut memberikan tanggapan dengan menulis di X bahwa sahabatnya, Biden, telah mencapai banyak hal untuk negaranya, untuk Eropa, dan untuk dunia.

"Berkat dia, kerja sama transatlantik terjalin erat, NATO kuat, dan AS adalah mitra yang baik dan dapat diandalkan bagi kami. Keputusannya untuk tidak mencalonkan diri lagi patut dihormati," tulis Scholz.sinpo

Komentar: