Polisi Terjunkan 1.231 Personel Amankan Demo BEM SI di Patung Kuda

Laporan: Firdausi
Senin, 22 Juli 2024 | 12:12 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat amankan unjuk rasa (SinPo.di/Dok.Polres Jakpus)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat amankan unjuk rasa (SinPo.di/Dok.Polres Jakpus)

SinPo.id - Polisi mengerahkan 1.221 personel gabungan untuk mengamankan unjuk aksi rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Kawasan Patung Kuda Monas Jakarta Pusat dan sekitarnya. 

Personel gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait. 

"Untuk pengamanan aksi elemen masyarakat di Bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1.231 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Senin, 22 Juli 2024. 

Sedangkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain bersifat situasional. Dia menyebut, rekayasa arus lalu lintas diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan. 

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, jadi situasional ya," ungkapnya. 

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi. 

"Dan mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan," tuturnya. 

Susatyo juga mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. 

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum," ucap Susatyo.sinpo

Komentar: