GURU HONORER

Heru Budi Minta Kepsek Jangan Lagi Sembarangan Rekrut Guru Honorer

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 21 Juli 2024 | 12:15 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau kepada kepala sekolah (kepsek) untuk tidak lagi merekrut guru honorer secara mandiri, tanpa mengikuti ketentuan berlaku. Karena, kebijakan yang diberlakukan di masing-masing sekolah, tetap berada di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan (Disdik).

"Jika ada kebutuhan, seharusnya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan, sehingga nanti dapat dilakukan perekrutan sesuai peta kebutuhan," kata Heru di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Juli 2024.

Heru menilai, persoalan guru honorer di Jakarta lantaran  banyak kepsek yang sembarangan merekrut guru honorer. Karena itu, Heru kembali mengingatkan para Kepsek agar tidak asal merekrut guru honorer tanpa izin Disdik DKI.

Lebih lanjut, Heru berencana memanggil seluruh kepsek untuk memberikan penjelasan soal guru honorer.

"Bagi kepala sekolah untuk tidak merekrut guru tanpa izin dari Dinas Pendidikan. Jadi selama ini kan sporadis, kepala sekolah ada yang rekrut (guru honorer), kepala sekolahnya pindah, kepala sekolah baru rekrut, pindah rekrut lagi sehingga ya seperti ini. Maka administrasi kita rapikan," kata Heru.

Heru juga mengapresiasi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI Budi Awaluddin yang memadankan data guru yang ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dia yakin apa yang dilakukan Budi bertujuan positif.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Budi Plt. Dinas Pendidikan yang merapikan ini. Semua sudah jelas tolong sampaikan kepada masyarakat, sampaikan kepada guru, besok siang saya akan kumpulkan kepala sekolah se-Jakarta supaya informasi ini tidak biasa.sinpo

Komentar: