Microsoft Down, AP II Pastikan Operasional Bandara Tetap Berjalan Normal
SinPo.id - SVP of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro memastikan, seluruh bandara di bawah AP II, tetap berfungsi normal dan tidak terkendala, meskipun layanan Microsoft down di sejumlah negara.
"Sistem IT milik AP II di 20 bandara berjalan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan penumpang pesawat," ujar Cin Asmoro dalam keterangannya, Sabtu, 20 Juli 2024.
Asmoro mengatakan, AP II bersama maskapai terkait, telah menjalankan sejumlah penyesuaian dalam memproses keberangkatan penumpang pesawat.
Mulai dari proses check-in manual oleh personel maskapai hingga penambahan konter check-in di bandara.
"Untuk maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem IT tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem IT mereka," tuturnya.
Selain itu, AP II juga menambah personel aviation security (Avsec) dan menyiagakan personel customer service untuk membantu penumpang pesawat.
"Maskapai penerbangan juga telah diinformasikan agar memberikan perkembangan terbaru secara berkala kepada penumpang," tutup Asmoro
Diketahui, gangguan teknis layanan dan aplikasi Microsoft, berdampak pada pelanggan global layanan cloud Azure dan aplikasi Office365 milik Microsoft.
Microsoft kini tengah menyelidiki masalah yang memengaruhi kemampuan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan Microsoft 365.
Setidaknyabeberapa bandara di Eropa melaporkan masalah teknis, seperti matinya layar yang menampilkan informasi keberangkatan di bandara Heathrow, Gatwick, dan Edinburgh di Inggris Raya.
Bandara Berlin Brandenberg telah menginformasikan kepada pelanggan untuk mengantisipasi penundaan saat check-in.
Kemudian, Bandara di Belanda, Selandia Baru, Jepang, dan India dikabarkan juga mengalami masalah penerbangan akibat Microsoft down. Bahkan, bandara terbesar di Swiss, Zurich menghentikan pesawat mendarat.