Sebanyak Empat Jenderal Polisi Daftar Capim KPK, Ada Setyo Budiyanto hingga Agung Widjanarko

Laporan: david
Rabu, 17 Juli 2024 | 14:22 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko. (SinPo.id/Dok. Polri)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko. (SinPo.id/Dok. Polri)

SinPo.id - Sebanyak empat Jenderal Polri mendaftar diri untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2024-2029.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan telah memberikan nama-nama untuk  ikut seleksi capim KPK.

"Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat. Ada empat nama (daftar Capim-Dewas KPK) dan ini merupakan bagian personel-personel terbaik di Polri," kata dia seperti dikutip, Rabu 17 Juli 2024.

Keempat jenderal polisi yang mendaftar yaitu Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Setyo Budiyanto yang saat ini tengah menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian.

Nama kedua adalah Komjen Pol. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak yang saat ini tengah menjabat Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Nama ketiga adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Djoko Poerwanto yang saat ini tengah menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah.

Nama terakhir adalah Irjen Pol. Didik Agung Widjanarko yang saat ini tengah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK

Diketahui, Panitia seleksi (Pansel) capim dan anggota Dewas KPK telah menutup proses pendaftaran pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB. Jumlah pendaftar capim dan Dewas KPK mencapai 525 orang.

Dari 525 pendaftar itu terdiri dari 318 orang yang mendaftar sebagai capim KPK dan 207 orang yang mendaftar sebagai calon anggota Dewas KPK. 

"Dengan perincian jumlah pendaftar capim sebanyak 318 orang terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan. Jumlah pendaftar calon Dewas 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan," kata Wakil Ketua Pansel KPK, Arif Satria dalam keterangannya. 

Pansel akan mengumumkan hasil verifikasi dokumen tersebut pada 24 Juli 2024 melalui aplikasi Apple serta laman kpk.go.id dan setneg.go.id.

Sementara itu, terdapat sejumlah nama yang mendaftar mengikuti proses seleksi capim KPK. Salah satunya, mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang mendaftar pada Senin 15 Juli 2024.

Selain Sudirman Said, dua pimpinan KPK, yakni Nurul Ghufron dan Johanis Tanak kembali mendaftar. Tak hanya itu, empat mantan pegawai KPK yang kini tergabung dalam IM57+ Institute juga turut meramaikan persaingan menjadi pimpinan lembaga antikorupsi.sinpo

Komentar: