Anggota DPR RI Dukung Pembangunan LRT untuk Urai Kemacetan di Bali

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Juli 2024 | 14:28 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, mendukung pembangunan transportasi alternatif, seperti Light Rail Transit (LRT), mengingat ruas jalan yang ada di Bali saat ini masih kurang memadai untuk menampung volume kendaraan yang terus bertambah, hingga menyebabkan tingkat kemactena yang tinggi.

"LRT ini saya kira perlu dikoordinasikan dengan baik dengan pemerintah daerah setempat, baik itu Pemprov Bali maupun pemerintah kabupaten dalam rangka penyiapan lahan dan sebagainya," ujar Andi, dalam keterangan persnya, dikutip pada Minggu, 14 Juli 2024.

Namun, menurutnya, sebelum pembangunan LRT dilakukan, alangkah pentingnya melakukan koordinasi yang baik dalam rencana pembangunan LRT di Bali. Hal itu bertujuan untuk memastikan penyiapan lahan serta kelancaran pelaksanaan proyek tersebut.

"LRT ini saya kira perlu dikoordinasikan dengan baik dengan pemerintah daerah setempat baik itu Pemprov maupun pemerintah kabupaten dalam rangka penyiapan lahan dan sebagainya," ungkapnya.

Selain itu, pembangunan LRT harus dilakukan dengan memperhatikan sektor usaha lainnya. Sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perekonomian khususnya menghindari dampak negatif terhadap bisnis lokal dan infrastruktur di Bali.

"Dengan dibangunnya LRT, (harus) dipastikan jalur ini tidak mematikan usaha-usaha ataupun investasi lain seperti perhotelan dan lain-lain sebagainya," tambahnya.

Oleh karena itu, Andi berharap rencana pembangunan LRT  tersebut dapat teratasi dan sektor pariwisata dapat semakin berkembang, baik domestik maupun internasional, dapat menikmati fasilitas yang memudahkan akses ke berbagai destinasi wisata di Bali. sinpo

Komentar: