HUT RI KE-79

Satgas Pastikan IKN Tak Banjir Saat HUT RI

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 11 Juli 2024 | 17:45 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi memastikan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, tidak akan banjir. Termasuk saat perayaan HUT RI ke-79. 

"Kita bicara KIPP dulu, ini di awal memang sudah menetapkan lokasinya itu yang memang bebas banjir 100 tahunan. Kita menetapkan seperti itu," kata Imam dalam konferensi pers virtual, Kamis, 11 Juli 2024. 

Imam mengatakan, salah satu langkah yang disiapkan pemerintah untuk penanggulangan banjir ialah melalui pembangunan embung, sebagai tempat parkir air. Hal ini merupakan antisipasi terhadap kemungkinan banjir menjelang perayaan HUT RI di IKN, yang di akibatkan guyuran hujan terus menerus. 

Selain itu, pemerintah juga membangun drainase, yang didesain sedemikian rupa untuk mengalirkan air dalam waktu singkat. Sehingga tidak mengganggu pelaksanaan HUT RI. Dalam hal ini, pihaknya memanfaatkan gravitasi bumi dan sebagainya. 

"Kita coba memanfaatkan itu semua potensi atau sumber daya air yang ada dan bagaimana penanganan drainase perkotaannya, kita siapkan itu semua," tutur dia.

Imam menjelaskan, saat terjadi genangan akibat hujan di Desa Sepaku beberapa hari yang lalu, langkah-langkah tersebut sempat digunakan. 

"Memang kalau melihat hujan kemarin, itu ada di WP 2 yang sebelah dekat Desa Sepaku. Itu memang sedang dilakukan kegiatan untuk penanggulangan banjir di sana. Tapi itu diluar KIPP," kata Imam.sinpo

Komentar: