INSFRATRUKTUR IKN

PUPR Sebut Infrastruktur IKN Siap Dipakai untuk HUT RI ke-79

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 11 Juli 2024 | 15:58 WIB
Desain Ibu Kota Nusantara (SinPo.id/ Setpres)
Desain Ibu Kota Nusantara (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi mengatakan, infrastruktur Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah bisa fungsional pada 17 Agustus 2024 atau saat pelaksanaan HUT RI ke-79. Bahkan, Kementerian PUPR akan uji coba atau test and commisioning terhadap Istana Negara, Kantor Presiden dan Lapangan Upacara pada Juli.

"Juli ini adalah memang bulan yang kita sebut sebagai test and commissioning, jadi bulan uji coba, supaya pada Agustus bersih," kata Imam dalam konferensi pers virtual, Kamis, 11 Juli 2024. 

Imam menjelaskan, untuk lapangan upacara, podium, sudah berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk Upacara HUT RI di IKN. 

Lapangan tersebut memiliki kapasitas besar, dapat menampung 8.000 orang. Namun, para tamu yang akan hadir melaksanakan upacara bendera akan diatur secara langsung oleh Kementerian Sekretartiat Negara.

"Kapasitas lapangan upacara sekitar 8.000-an, tapi kalau untuk tamu nanti yang mengatur dari Kementerian Setneg," kata Imam.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan, pada saat upacara bendera di IKN, bukan berarti bangunan-bangunan di sekitar lapangan upacara sudah semuanya selesai. Tetapi, bangunan-bangunan yang ada di sekitar upacara dipastikan akan fungsional terlebih dahulu.

Begitu juga sebagian besar ruangan di Istana Negara, terutama ruang-ruang utamanya akan fungsional pada akhir bulan ini.

"Artinya, gini 17-an itu bukan berarti bangunan-bangunan itu semua selesai di 17, tidak. Tetapi ini fungsional untuk bisa dilakukan untuk kegiatan 17-an karena kontrak mereka setelah 17 Agustus gitu ya. Tapi untuk kegiatan 17-an kita fungsikan ruang-ruang mana yang fungsional memang akan dilakukan kegiatan di situ untuk kegiatan 17-an," tukasnya. 

 sinpo

Komentar: