DPR-Pemerintah Sepakat Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Desain Kebijakan Fiskal 2025

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 11 Juli 2024 | 14:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani, mengatakan, pihaknya bersama pemerintah telah menyepakati desain Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) RAPBN tahun 2025, pada masa sidang ini.

Ia menjelaskan, desain kebijakan fiskal tersebut dibuat untuk mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta sebagai landasan transformasi dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Untuk mewujudkan visi tersebut, dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pemerataan antar daerah yang semakin baik," kata Puan dalam pidatonya di ruang Rapat Paripurna pada Kamis, 11 Juli 2024.

Selain itu, DPR RI juga menekankan pentingnya RAPBN tahun 2025 untuk memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi pemerintahan ke depan untuk dapat menjalankan visi dan misi presiden terpilih.

"Berbagai kesepakatan yang dihasilkan selama pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal tahun 2025 pada masa sidang ini, akan menjadi acuan strategis dalam penyusunan rancangan APBN tahun anggaran 2025," ungkapnya.

Kemudian DPR RI akan terus mencermati agar nota keuangan APBN tahun 2025 benar-benar selaras dengan amanat konstitusi, yaitu untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.sinpo

Komentar: