Bahas Kerja Sama Pilkada, Airlangga Bertemu Kaesang Besok

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 10 Juli 2024 | 20:55 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep pada 2023 lalu. (SinPo.id/Antara)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep pada 2023 lalu. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Ketua Umum Airlangga Hartarto akan bertemu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di kantor DPP Partai Golkar besok. Pertemuan untuk membahas rencana kerja sama di Pilkada 2024.

"Tentu selain silaturahmi ya karena ini menjelang pilkada, ya pastilah bicara soal menghadapi pilkada. Tapi menurut saya kan ini tidak spesifik ya karena PSI itu juga ada kursinya di daerah-daerah kan," kata Doli kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 10 Juni 2024.

Kendati begitu, Doli tak menyebut secara spesifik wilayah pilkada yang akan dibicarakan intens antara Airlangga dan Kaesang.

"Tentu kita juga berharap ada kerja sama juga antara Golkar dengan PSI di daerah-daerah itu, di provinsi atau kabupaten/kota. Jadi lebih kepada pembicaraan soal kerja sama yang mungkin dilakukan di beberapa daerah di Indonesia," ujar Doli.

Di sisi lain, Ketua Komisi II DPR itu menanggapi munculnya nama Kaesang di bursa Pilgub Jawa Tengah (Jateng). Dia mengatakan akan mendengarkan penyampaian dari Kaesang dan PSI terlebih dahulu soal maju tidaknya Kaesang di Pilgub Jateng.

"Ya kalau soal Pak Kaesang-nya sendiri kan itu tergantung Pak Kaesang dan PSI kan. Tentu kan PSI sebagai sebuah parpol punya sikap dan pandangan sendiri. Jadi sangat tergantung dari PSI-nya kalau soal Pak Kaesang," ujar Doli.

Menurut Doli, Golkar akan mendengarkan secara langsung dari Kaesang terkait rencananya pada Pilkada 2024. Golkar menyerahkan sepenuhnya keputusan Kaesang untuk maju atau tidak pada Pilkada 2024.

"Makanya besok kita ingin dengar kan rencana-rencana Pak Kaesang dalam pilkada ke depan seperti apa. Kita kan belum tahu. Saya enggak tahu apakah besok disampaikan atau tidak oleh Pak Kaesang. Itu kembali kepada Pak Kaesang," kata dia.

Sebelumnya, Airlangga akan menerima kunjungan Kaesang besok. Politikus Golkar Dito Ariotedjo, mengatakan kunjungan Kaesang ke DPP Golkar dilakukan pada Kamis sore, 11 Juli 2024.

"Ya rencana hari Kamis jam 5 sore Mas Kaesang ke Golkar," kata Dito.sinpo

Komentar: