Gerindra Terbuka Dukung Kaesang-Luthfi di Pilgub Jateng

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 10 Juli 2024 | 21:29 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. (Ashar/SinPo.id)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Partai Gerindra mengaku terbuka untuk mengusung pasangan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dengan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Semua daerah ini kan belum ada yang fix (pasti). Saya pikir belum ada satu pun yang resmi. Jadi, segala kemungkinan masih bisa terbuka," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Dia mengatakan bahwa kemungkinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Kaesang-Luthfi cukup terbuka. Apalagi, keduanya merupakan tokoh di Jateng.

"Kaesang sangat kuat di Jawa Tengah, Luthfi juga kuat, tinggal nanti dibicarakan di level koalisi seperti apa," ujarnya.

Sejumlah partai politik yang tergabung dalam KIM adalah Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PSI.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) membuat simulasi top of mind atau yang disebut pertama kali oleh responden sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jateng. Hasilnya, menunjukkan Ahmad Luthfi sebagai nama yang paling banyak disebut dengan 5,2 persen, sedangkan Kaesang dengan 2,5 persen

Tak hanya itu, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan Ahmad Luthfi menjadi top of mind dengan meraih 8,6 persen dalam survei yang mengumpulkan data pada periode 10–17 Juni 2024 dengan metode tatap muka.sinpo

Komentar: