Plt Ketua KPU Sudah Koordinasi dengan Bawaslu, Matangkan Persiapan Pilkada 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 09 Juli 2024 | 10:11 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin. (SinPo.id/Dok. KPU)
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin. (SinPo.id/Dok. KPU)

SinPo.id - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin menyatakan telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, guna mematangkan persiapan Pilkada Serentak 2024.

"Saya juga datang ke teman-teman Bawaslu untuk berkoordinasi banyak hal. Intinya langkah kita untuk menyiapkan pilkada tidak bisa berhenti, kita harus siapkan semuanya lebih matang, lebih maksimal," kata Afifuddin dalam keterangannya kepada wartawan dikutip Selasa, 9 Juli 2024.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk mengawal seluruh tahapan pilkada agar berjalan sesuai rencana lantaran ada pergantian Ketua KPU RI usai Hasyim Asy'ari diberhentikan tetap oleh DKPP RI di perkara asusila. 

"Tahapan-tahapan (Pilkada) ini juga akan terkawal dengan baik," ungkap dia. 

Sebelumnya, Anggota Bawaslu RI Puadi menyebut Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin sudah berkoordinasi dengan pihaknya. 

Dia mengatakan, koordinasi Bawaslu dengan Afifuddin terkait dengan masa tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dalam waktu dekat, mereka (KPU RI) hadir ke Bawaslu," kata Puadi kepada wartawan di Jakarta Barat, Jumat, 5 Juli 2024.

Menurut Puadi, pertemuan Bawaslu dan KPU nantinya bakal mengoordinasikan terkait tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang sedang berjalan.

"Perlu disampaikan hal-hal apa saja yang menjadi atensi Bawaslu yang harus dikoordinasikan, mengingat juga regulasi yang sudah ada, kita tetap masih menggunakan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016," ungkap dia.sinpo

Komentar: