PILGUB JAKARTA

Cak Imin: PKB Tak Tertarik Pasangkan Anies-Sohibul

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 01 Juli 2024 | 21:28 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Dok. MPR)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Dok. MPR)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan partainya tidak berniat untuk memasangkan Anies Baswedan dengan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024.

Cak Imin menyebut pasangan Anies-Sohibul merupakab versi PKS. Namun, kata dia, PKB punya versi sendiri untuk pendamping Anies.

"Itu versi PKS kan, kami punya versi juga," kata Cak Imin saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 1 Juli 2024.

Cak Imin mengatakan sejauh ini DPW PKB DKI Jakarta berencana memang mengusung Anies sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Dia mengaku mempertimbangkan mengusung Anies untuk Pilgub Jakarta.

Tak hanya itu, Cak Imin juga mengamini jika tingkat elektabilitas Anies cukup tinggi. Dia bahkan mengatakan jika Anies berpotensi menjadi calon terkuat yang bakal diusung PKB.

Dia mengatakan keputusan pasti tentang dukungan kepada Anies bakal diputuskan setelah pihaknya menentukan calon wakil gubernurnya. Namun, penetapan Anies dan bakal calon wakil gubernur yang akan diusung PKB bakal melalui proses musyawarah dengan partai politik lain.

"Sampai hari ini kita masih memantapkan siapa pasangan Anies," kata Cak Imin.

Sebelumnya, PKS mengumumkan akan mengusung Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta. Usulan duet tersebut berasal dari DPW PKS DKI, kemudian diputuskan di Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

"Oleh karena itu DPP PKS mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta, juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh ulama habaib, tokoh-tokoh lintas agama bahkan yang datang ke DPP PKS, para agamawan, para cendekiawan serta masyarakat di DKI Jakarta," kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, di Jakarta. sinpo

Komentar: