Peneliti BRIN Nilai Jokowi Tak Mungkin Ikut 'Cawe-cawe' Pilgub DKI

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 30 Juni 2024 | 12:56 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo menilai, Presiden Joko Widodo akan lebih fokus menyelesaikan program-program kerja di sisa akhir pemerintahanya, ketimbang ikut cawe-cawe di Pilgub DKI Jakarta 2024, dengan memuluskan langkah sang putra Kaesang Pangarep.

"Saya pikir Pak Jokowi mungkin akan lebih fokus pada penyelesaian program kerja di sisa akhir pemerintahan," kata Wasisto kepada wartawan, Minggu 30 Juni 2024. 

Menurut Wasisto, saat ini Jokowi juga sedang fokus dalam menyiapkan transisi kekuasaan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Dan menyiapkan transisi kekuasaan kepada Pak Prabowo," paparnya.

Wasisto memaklumi bila saat ini muncul dugaan-dugaan cawe-cawe Presiden Jokowi di Pilgub DKI Jakarta 2024. Hal tersebut merupakan bagian dari dinamika politik yang berkembang saat ini.

Sebelumnya, perihal klaim Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang di Pilkada itu disampaikan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Ia awalnya menanggapi isu Jokowi yang bakal cawe-cawe dalam Pilgub Jakarta. Aboe Bakar menilai Jokowi sudah cawe-cawe alias terlibat dalam pilkada.

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampai nanti, biasa, jadi nggak ada masalah biar aja," kata Habib Aboe Bakar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis. 

Habib Aboe lalu membahas Kaesang Pangarep yang belakangan ramai akan maju di Pilkada Jakarta. Dia mengaku mengetahui Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta.

"Sudah-sudah sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan, kita lihat saja," ujar Habib Aboe.sinpo

Komentar: