DPR Minta Pengamanan PDN Ditingkatkan Agar Terhindar dari Peretasan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 Juni 2024 | 08:28 WIB
Ahmad Sahroni (SinPo.id/Parlementaria)
Ahmad Sahroni (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, meminta agar pengamanan Pusat Data Nasional (PDN) untuk ditingkatkan agar aman dari peretesan dan kejadian pembobolan data tidak lagi terulang.

“Masa negara kita dibuat tidak berdaya seperti ini, data sentral dibobol dengan mudah. Sangat fatal dan memalukan,” kata Sahroni, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 30 Juni 2024.

Karena menurutnya, PDN sudah disokong dengan anggaran yang sangat besar mencapai Rp700 triliun untuk penggunaan pemeliharaan, namun anggaran tersebut belum dapat membuat PDN aman dari peretasan.

Sehingga, kata Sahroni, harus ada yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut, dan tidak boleh menghindar dengan berbagai alasan, tanpa adanya perbaikan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjadi salah satu lembaga yang memiliki anggaran belanja paling besar di antara kementerian lainnya.

Anggaran tersebut digunakan untuk beberapa keperluan. Di antaranya, untuk pemeliharaan dan operasional BTS 4G sebanyak Rp 1,6 triliun dan pemeliharaan data center nasional yang mencapai Rp 700 miliar.sinpo

Komentar: