PILKADA CIANJUR

Bawaslu Sebut Tingkat Kerawanan Pilkada Cianjur Tinggi

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 29 Juni 2024 | 19:58 WIB
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (SinPo.id/ Humas Bawaslu)
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (SinPo.id/ Humas Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty menyebut tingkat kerawanan pemilu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masuk kategori rawan tinggi. 

Oleh karenanya, kata Lolly, penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 agar meningkatkan pengawasan.

"Pada Pemilu dan Pilkada 2024 Kabupaten Cianjur termasuk dalam kategori rawan tinggi dengan nilai 50,56 dan berada pada peringkat 10 di Indonesia," kata Lolly dalam keterangannya, Sabtu, 29 Juni 2024.

Dia mengaku, pihaknya memberi atensi pada Bawaslu Jabar dan Cianjur untuk membuat pemetaan terkait Indeks kerawanan pemilu (IKP) pada Pilkada 2024 berdasarkan situasi terbaru  agar proyeksinya tepat.

Hal itu, kata Lolly, agar hasilnya akurat dengan indikator kontestasi, penyelenggaraan Pemilu, partisipasi, maupun konteks sosial politik. Dimana pemetaan kerawanan yang jadi turunan dari IKP saat ini sedang berproses dengan target tuntas bulan di bulan Agustus ini.

"IKP berguna sebagai peringatan bagi penyelenggara dalam mengatasi kerawanan tinggi Pilkada sehingga dapat diantisipasi agar tidak sampai terjadi," ungkap dia. 

Setelah pemetaan kerawanan di Cianjur keluar, dapat menjadi pedoman termasuk bagi pemerintah daerah dalam mengambil berbagai langkah antisipasi dan pengawasan serta tindakan.

"Kami berharap tidak ada peristiwa atau kerawanan yang terjadi pada Pilkada 2024 termasuk di Cianjur, dapat berjalan aman, lancar, jujur dan adil," tandasnya. sinpo

Komentar: