STOP TAWURAN

Marak Tawuran, DPRD DKI Minta Satpol PP Tingkatkan Patroli Siang-Malam

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 29 Juni 2024 | 15:34 WIB
Ilustrasi setop tawuran (SinPo.id/ Dok. DPRD DKI)
Ilustrasi setop tawuran (SinPo.id/ Dok. DPRD DKI)

SinPo.id - Anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta Simon Lamakadu meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan patroli untuk mengantisipasi mengantisipasi potensi tawuran, baik siang maupun malam. 

Karena, baru-baru ini kembali terjadi aksi tawuran antar warga di Jalan Basuki Rahmat (Bassura), Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim), yang mengunakan benda seperti batu, petasan, dan senjata tajam. Padahal, sudah ada deklarasi damai, tapi tawuran tetap terjadi.

"Kehadiran aparat di lapangan dapat menjadi deterrent atau pencegah bagi mereka yang berniat melakukan tawuran," kata Simon kepada wartawan, Sabtu, 29 Juni 2024. 

Simon menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga harus menyiapkan berbagai upaya preventif dan represif agar tawuran tidak terulang kembali. 

Selain itu, juga harus ada pendekatan komprehensif, termasuk dialog dengan warga dan penanganan cepat terhadap konflik. Karena, sering kali, konflik muncul akibat aksi saling ejek antarwarga.

"Satpol PP juga perlu dilengkapi pelatihan untuk menangani situasi konflik secara efektif dan humanis," ucap Simon.

Menurut dia, peran serta aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan sangat penting. 

Lebih lanjut, Simon mengimbau warga Jakarta untuk selalu menjaga keharmonisan dalam bersosialisasi serta menghindari tindakan provokatif. 

Sikap saling menghormati, sambung dia, juga menjadi kunci menciptakan keharmonisan. "Mari kita bangun lingkungan yang damai dan harmonis, di mana setiap orang merasa aman dan nyaman," tukas Simon.sinpo

Komentar: