PENGAKUAN ATAS PALESTINA

Menlu Sampaikan Apresiasi Atas Pengakuan Slovenia untuk Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 Juni 2024 | 22:56 WIB
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menyampaikan apresiasi kepada Slovenia atas keputusan untuk mengakui Negara Palestina pada 4 Juni yang lalu, dan menjadi negara anggota PBB ke-145, serta negara anggota Uni Eropa ke-10 yang mengakui Palestina.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Slovenia, Tanja Fajon, di Ljubljana, Slovenia, saat keduanya membahas isu Palestina dan peningkatan kerja sama bilateral, utamanya kerja sama ekonomi.

“Saya sangat apresiasi bahwa Slovenia telah memutuskan untuk berada pada sisi sejarah yang benar. Hal ini menunjukkan kepemimpinan dan konsistensi Slovenia dalam menghormati hukum internasional dan Piagam PBB, termasuk untuk isu Palestina," kata Retno, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 28 Juni 2024.

Ia juga mengapresiasi Slovenia karena telah konsisten dalam menyerukan pentingnya gencatan senjata dan pentingnya kelancaran pemberian bantuan kemanusiaan, dengan mendukung kerja UNRWA. Bahkan Slovenia juga telah menambah bantuannya kepada UNRWA.

Selain itu, Slovenia saat ini duduk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, dan dalam voting mengenai Palestina, Slovenia selalu mendukung dan memberikan vote YES. Kemudian dukungan lain diberikan melalui advisory opinion di ICJ, satu dari sedikit negara anggota Uni Eropa yang mengambil langkah ini. sinpo

Komentar: