KONGRES NASDEM

Kongres III NasDem Bakal Bahas Posisi Ketua Umum

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 28 Juni 2024 | 21:13 WIB
Ilustrasi kongres NasDem (SinPo.id/ Dok. NasDem)
Ilustrasi kongres NasDem (SinPo.id/ Dok. NasDem)

SinPo.id - Kongres III Partai NasDem akan digelar pada 25-37 Agustus 2024. Posisi Ketua Umum Partai NasDem akan dibahas dalam Kongres III tersebut.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan posisi Ketum Partai NasDem ditunjuk oleh Majelis Tinggi Partai Nasdem. Saat ini, posisi Ketum Partai NasDem masih dijabat Surya Paloh.

"Itu akan dibahas, karena Kongres itu kalau di anggaran dasar Partai Nasdem, ketum itu dipilih oleh majelis tinggi," kata Willy dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2024.

Willy mengatakan nantinya peserta Kongres memberikan aspirasi terkait posisi Ketum NasDem. Dia menyampaikan Majelis Tinggi kemudian akan menggelar sidang sebelum membuat keputusan yang nanti dibacakan dalam Kongres III.

"Anggota majelis tinggi itu yang pertama ketuanya Pak Jan Darmadi, Prof Bahri, Opa Manila, Lestari Moerdijat, dan Karli Boenjamin, lima serangkai, pandawa lima," kata dia.

"Jadi itu terbaca nanti dari laporan yang disampaikan oleh yang punya suara, yang punya suara itu dua, DPD dan DPW. Jadi kabupaten/kota dan provinsi nanti di dalam laporan mereka itu yang nanti disampaikan, usulannya," timpal Willy.

Kongres III Partai NasDem akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC). Rencananya, Kongres III dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ditutup oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Willy mengatakan Kongres III akan disusun berdasarkan tiga pilar. Dia mengatakan 100.000 orang akan terlibat dalam Kongres III.

"Yang pertama, pro-perempuan, kedua pro-lingkungan go green, ketiga pro-Pancasila. Jadi, ketiga pilar itu yang akan kita susun," kata Willy.sinpo

Komentar: