PILKADA JAKARTA

Sadar Diri, Demokrat Hanya akan Sodorkan Cawagub di Pilkada Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 28 Juni 2024 | 21:28 WIB
Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Partai Demokrat mengatakan hanya akan menyodorkan nama kadernya sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada Jakarta 2024. Demokrat sadar diri tak bisa mengusung calon gubernur (cagub) sendiri lantaran belum memenuhi ambang batas kursi yang ditentukan.

"Demokrat sendiri per hari ini masih terus menggodok ya, dan mendorong nama-nama dari internal kami untuk bisa menjadi cawagub karena kalau cagub bagi kami itu ranahnya adalah tokoh-tokoh lain ya, kami sadar diri hari ini Demokrat kursinya belum pas dan belum cukuplah," kata juru bicara (jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2024.

Herzaky juga membantah pernyataan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusung nama putranya Kaesang Pangarep untuk dijadikan pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. Herzaky mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih membahas nama-nama yang akan diusung di Pilkada Jakarta.

"Terkait dengan Pilkada Jakarta masih terus kita dalami, kalau pembahasan apakah di KIM (Koalisi Indonesia Maju) sudah ada nama Mas Kaesang ya, kami per hari ini yang kami dengar ada usulan-usulan beberapa nama gitu, hanya saja untuk pendalamannya masih terus berproses namanya juga masih proses, bagian dari strategi belum semua bisa kami ungkap," kata Herzaky.

Herzaky mengatakan Demokrat akan mendorong sosok yang berintegritas dan kompeten di Pilkada Jakarta. Dia juga menyinggung sosok yang bisa mewujudkan visi misi program Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke depannya.

"Baik nama-nama potensial yang kami yakini, yang benar-benar bisa dan mampu memimpin Jakarta serta memang akan dipilih oleh warga Jakarta karena bagaimanapun sosok yang kompeten punya kapabilitas, kapasitas, integritas," ujar Herzaky.

"Tentunya jika dipilih akan bisa mewujudkan apa yang menjadi visi misi dan program kerja kami yang menjadi bagian utuh dari program Bapak Prabowo dan Mas Gibran untuk 2024, 2029 gitu," timpalnya.

Untuk cawagub, Demokrat memiliki beberapa bursa nama seperti Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono hingga Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon. Dia mengatakan komunikasi terus dijalankan dengan partai lain.

"Dan kami belum merasa bahwa kader-kader yang kami miliki hari ini, lebih tepatnya sebagai Cawagub ada Pak Mujiyono dan terakhir teman-teman ada yang mengusulkan Bang Jansen Sitindaon ya, dan masih terus berproses ini belum tuntas ya, tapi bagaimanapun komunikasi terus kami jalankan dengan teman-teman parpol lain. Masih sangat dinamis," kata dia.sinpo

Komentar: