BIJAK PILIH AC

YLKI Imbau Masyarakat Lebih Kritis Memilih AC

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Juni 2024 | 20:29 WIB
Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi (SinPo.id/ Dok. YLKI)
Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi (SinPo.id/ Dok. YLKI)

SinPo.id - Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengimbau masyarakat atau konsumen untuk lebih kritis dalam memilih AC. Menurutnya, masyarakat dapat mempertimbangkan pemilihan AC berlabel hemat energi.

Hal itu bertujuan untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan. Karena AC merupakan produk elektronik yang tinggi terhadap penggunaan energi listrik, dan menjadi produk yang banyak meninggalkan jejak karbon (carbon foot print).

"Peran konsumen sangat penting dalam hal ini. Konsumen juga perlu memperhatikan suhu awal saat menyalakan AC, jangan terlalu rendah, agar tidak boros energi, dan menjaga dampak negatif terhadap lingkungan," kata Tulus, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 27 Juni 2024.

Di samping itu, ia juga mengimbau pelaku usaha agar lebih aktif lagi dalam mempromosikan AC hemat energi. Menurutnya, label AC juga harus dibuat lebih jelas agar konsumen lebih mudah memahaminya.

Sementara kepada pemerintah sebagai regulator juga harus pro aktif dalam pengawasan di pasaran, agar produk AC yang beredar benar-benar mematuhi aturan. Pasalnya, keberadaan air condisioning (AC) sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, khususnya yang tinggal diperkotaan.sinpo

Komentar: