Turki Tegaskan akan Dukung Lebanon dalam Perang Israel dan Hizbullah

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Juni 2024 | 08:55 WIB
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (SinPo.id/AP)
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya akan mendukung Lebanon di tengah meningkatnya ketegangan dengan Israel. Ia bahkan meminta negara-negara regional untuk ikut mendukung Beirut.

Melihat situasi di perbatasan Lebanon dan Israel, Erdogan mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berencana untuk memperluas perang Gaza ke Lebanon.

"Tampaknya Israel sekarang mengalihkan pandangannya ke Lebanon setelah menghancurkan dan membakar Gaza. Kami melihat negara-negara Barat memberikan dukungan kepada Israel di balik layar," kata Erdogan. Dilanair dari Reuters pada Kamis, 27 Juni 2024.

"Rencana Netanyahu untuk memperluas perang ke wilayah tersebut akan menyebabkan bencana besar, dan dukungan Barat untuk Israel menyedihkan," lanjutnya.

Oleh karena itu, ia menyerukan seluruh negara di kawasan untuk memberikan dukungan kepada Lebanon, serta melawan kebijakan agresif Israel. Dukungan tersebut juga telah ia sampaikan langsung kepada Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati melalui telepon.

"Presiden Erdogan mengatakan dalam panggilan telepon bahwa agresi Israel harus dihentikan sesegera mungkin," kata kantor Erdogan dalam sebuah pernyataan.

Diketahui, ketegangan lintas batas antara Israel dan Hizbullah di Lebanon telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Hal itu memicu kekhawatiran akan perang yang meluas. Terlebih konflik tersebut telah menyebabkan puluhan ribu orang dievakuasi dari perbatasan.sinpo

Komentar: