Rusia Luncurkan 100 Bom Mematikan ke Ukraina dalam Satu Hari

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Juni 2024 | 08:44 WIB
Rusia meluncurkan 100 bom mematikan ke Ukraina dalam sehari. (SinPo.id/Anadolu Agency)
Rusia meluncurkan 100 bom mematikan ke Ukraina dalam sehari. (SinPo.id/Anadolu Agency)

SinPo.id - Pasukan militer Rusia telah meluncurkan sekitar 100 bom luncur yang mematikan dan puluhan drone atau pesawat nirawak, melintasi perbatasan dengan Ukraina dalam satu hari.

Bom luncur merupakan bom standar yang dijatuhkan dari udara yang dimodifikasi untuk diluncurkan dari jarak jauh dan bukan langsung ke sasaran, dan bobotnya bisa mencapai 1,5 ton.

"Rusia telah meluncurkan 96 bom luncur, dua serangan rudal, 4000 peluru, dan 44 pesawat nirawak kamikaze selama 24 jam terakhir," kata tentara Ukraina, dilansir dari The Independent, Kamis 27 Juni 2024.

Serangan tersebut terjadi setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk mantan menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan kepala staf militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov.

Keduanya dituduh telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan karena mengarahkan serangan terhadap warga sipil dan objek sipil di Ukraina.

Tak hanya itu, baik Shoigu maupun Gerasimov, disebut bertanggung jawab atas serangan rudal yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia terhadap infrastruktur listrik Ukraina dari setidaknya 10 Oktober 2022 hingga setidaknya 9 Maret 2023.sinpo

Komentar: