Menlu Dorong Austria Tambah Investasi Energi dan Pariwisata ke Indonesia

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 26 Juni 2024 | 11:57 WIB
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Kemlu)
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mendorong Austria untuk lebih besar lagi berinvestasi ke Indonesia, terutama di bidang energi dan pariwisata. 

Dorongan itu Retno dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg, di Wina pekan ini. Kedua negara sepakat untuk memperkuat hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi. 

"Saya terus mendorong investasi yang lebih besar dari Austria ke Indonesia, utamanya di sektor energi terbarukan, energi hijau, ekonomi digital, ekonomi kreatif dan infrastruktur pariwisata," kata Retno dalam press briefing virtual, Rabu, 26 Juni 2024. 

Retno mengatakan, Austria adalah salah satu mitra dagang utama Indonesia di Eropa Tengah. Nilai perdagangan kedua negara terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Tahun lalu, nilai perdagangan Indonesia-Austria mencapai hampir USD 500 juta (Rp8,2 triliun) atau naik 9.8 persen dari tahun sebelumnya. 

"Kita sepakat agar perundingan Indonesia-EU CEPA dapat segera diselesaikan karena akan dapat memperkuat hubungan perdagangan investasi kedua negara," ujarnya.

Untuk sektor investasi, tutur Retno, angkanya menunjukkan peningkatan cukup signifikan. 

Pada 2023, investasi Austria nilainya mencapai 51 Persen dibandingkan 2022 dengan nilai proyek lebih dari USD100 juta (Rp1,6 tirliun), termasuk untuk proyek pembangunan pabrik hydropower dan teknologi transportasi.

Karenanya, Retno mendorong agar investasi dari Austria itu terus ditingkatkan lagi. Indonesia juga mengundang Autria untuk menghadiri forum bisnis yang akan digelar di Jakarta.

"Saya juga mengundang partisipasi Austria di kegiatan Indonesia-Europe Business Forum ke-2 di Jakarta yang akan diselenggarakan Oktober mendatang," kata Retno.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI