Indonesia Harap Austria Segera Akui Negara Palestina

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 26 Juni 2024 | 11:08 WIB
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Ashar)
Menlu RI Retno Marsudi. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi berharap, Austria untuk segera mengakui Negara Palestina. Hal itu ia sampaikan kala bertemu Menlu Austria, Alexander Schallenberg, di Wina, Austria.

"Saya sampaikan harapan Indonesia, agar Austria dapat mulai mempertimbangkan pengakuannya terhadap Palestina," kata Retno dalam keterangannya pada Rabu, 26 Juni 2024.

Retno memahami posisi Austria yang masih sulit menerapkan pengakuan tersebut. Namun, mengingat mengingat Austria mendukung penyelesaian two-state solution, maka masalah pengakuan terhadap Palestina ini merupakan satu langkah yang menunjukkan konsistensi dukungan.

Selain itu, Retno juga mengapresiasi dukungan Austria terhadap UNRWA. Dimana, Austria sempat membekukan bantuan kepada UNRWA. Tercatat, sejak 7 Oktober 2023, Austria menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar EUR 32 juta melalui WFP dan ICRC.

"Tetapi, pada tanggal 18 Mei lalu, Austria memutuskan untuk mengaktifkan kembali pendanaan ke UNRWA dengan total anggaran EUR 3,4 juta untuk 2024," ucapnya.

Menurut Retno, bantuan kemanusiaan sangat penting untuk mendukung kehidupan masyarakat sipil di Gaza dan Tepi Barat.

Lebih lanjut, diinformasikan penduduk Gaza sekitar 2,23 juta mengalami high levels of acute food insecurity. Retno lalu mendorong agar gencatan senjata segera diterapkan di Gaza.

"Oleh karena itu, sekali lagi gencatan senjata harus segera dilakukan, perang harus dihentikan, dan kita dapat segera menyelamatkan nyawa-nyawa orang yang tidak berdosa di Gaza," kata Retno.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI