Panglima TNI Agus Subiyanto Kunjungi Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 25 Juni 2024 | 17:47 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu dengan Kepala Staf Pertahanan Italia Admiral Giuseppe Cavo Dragone (SinPo.id/puspen TNI)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu dengan Kepala Staf Pertahanan Italia Admiral Giuseppe Cavo Dragone (SinPo.id/puspen TNI)

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melaksanakan kunjungan ke Italia dalam rangka pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia, Giuseppe Cavo Dragone, di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia, pada Senin, 25 Juni 2024.

Pada pertemuan tersebut, pemimpin militer kedua negara memiliki kesamaan pandangan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti pendidikan, latihan, dan operasi. 

"Siber merupakan salah satu topik khusus yang akan ditindaklanjuti ke depannya," kata Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Cba Tedi Rudianto dalam keterangannya, Selasa, 25 Juni 2024.

Selain itu Panglima TNI juga menyinggung rencana kunjungan muhibah kapal Kadet Angkatan Laut Italia yaitu ITS Amerigo Vespucci yang akan berlabuh di pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara.

Ketika singgah di salah satu titik pemberhentian di perairan Indonesia, diharapkam agar Kadet Angkatan Laut Indonesia dapat onboard di ITS Amerigo Vespucci sehingga Kadet dari Indonesia dapat berinteraksi dengan Kadet Italia.

"TNI menyambut baik kehadiran kapal-kapal AL Italia di kawasan perairan Indonesia dan dapat dilaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan kapal-kapal perang Indonesia," paparnya.

Menurit Tedi, hal tersebut merupakan bentuk persaudaraan AL seluruh dunia atau naval brotherhood dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara AL Indonesia dan Italia, demikian tambah Panglima TNI.

"Kunjungan ini juga menjadi lebih bermakna karena terlaksana bertepatan dengan momentum peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia," tandasnya.sinpo

Komentar: