LSPP Umumkan Hasil Survei untuk Pilbup Musi Banyuasin 2024

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 25 Juni 2024 | 02:16 WIB
Survei Pilbup Musi Banyuasin
Survei Pilbup Musi Banyuasin

SinPo.id -  Lembaga Study Pemilu dan Politik (LSPP) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah nama yang digadang-gadang maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Musi Banyuasin 2024.

Dalam survei LSPP untuk simulasi Calon Bupati (cabup) Musi Banyuasin, Lucianty unggul di angka 50,71 persen dan Apriyadi 43,19 persen.

"Responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 6,11 persen," kata Direktur Riset LSPP Sendi Vicky Sutikno di Palembang saat paparan survei, Selasa 25 Juni 2024.

Sendi menyebut, elektabilitas Lucianty dan Apriyadi terpaut tidak terlalu jauh sehingga akan terus terjadi persaingan ketat karena pemilihan masih cukup lama.

“Kalau rajin turun ke masyarakat dengan membawa gagasan dari masing-masing calon, tentu nanti akan ada perubahan elektabilitas yang signifikan antara Lucianty dan Apriyadi,” jelasnya.

Namun, kata Sendi, ada kecenderungan pemilih yang lebih tertarik dengan Lucianty sehingga trend elektabitasnya terus meningkat sedangkan Apriyadi mengalami penurunan drastis.

“Menariknya, ada migrasi pemilih dari yang awalnya suka dengan Apriyadi kemudian berubah ke Lucianty,” terangnya.

“Mungkin karena lebih awal ada gerakan Apriyadi minimal kegiatannya yang sering terjun ke masyarakat saat menjabat Pj Bupati dari pada Lucianty yang fokus pada Pileg,” imbuhnya.

Diketahui, survei dilakukan melalui wawancara responden melalui telpon pada 10-22 Juni 2024.

Target populasi warga Muba berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/handphone, sekitar 83 persen dari populasi.

Sampel sebanyak 1.217 responden dipilih melalui kombinasi random digital dialling (RDD) (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: