PILGUB JAKARTA

Ridwan Kamil Sebut Jakarta Butuh Pemimpin yang Miliki Imajinasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 23 Juni 2024 | 19:12 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Jakarta membutuhkan pemimpin yang memiliki imajinasi lantaran kota ini sebagai tempat bagi gagasan kelas dunia. 

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," kata pria yang karib disapa Kang Emil dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 23 Juni 2024.

Dia menilai Pilkada Jakarta 2024 bersejarah karena bersamaan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Menurut Kang Emil, Jakarta sebagai kota yang telah tumbuh lama tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara Indonesia yang akan dipindahkan ke IKN.

"Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun," tutur dia. 

Lebih jauh, dia fokus dari berbagai masalah yang sedang dihadapi Jakarta, salah satunya polusi udara. Kondisi yang terjadi di Jakarta, kata dia, tidak terlepas dari kondisi yang terjadi di tingkat global maupun wilayah sekitarnya.

"Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," katanya.

Kang Emil menambahkan, kota yang baik dan humanis ialah ketika orang lebih senang berkumpul di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan dan itu bisa terjadi ketika kondisinya aman, nyaman, serta ramah.sinpo

Komentar: