Viral Video Jamaah Wafat Terlantar di Jalanan Makkah, Kemenag: Bukan dari Indonesia

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 23 Juni 2024 | 08:56 WIB
Jamarat, Makkah (SinPo.id/Kemenag)
Jamarat, Makkah (SinPo.id/Kemenag)

SinPo.id - Viral di media sosial video yang menunjukkan jemaah haji meninggal dunia dan terlantar di jalanan Makkah. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menjelaskan bahwa jamaah wafat dalam video tersebut bukan jemaah haji Indonesia.

“Gambar itu yang beredar tidak mencerminkan yang terjadi pada jemaah kita,” tegas Hilman dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 23 Juni 2024.

“Video yang tersebar itu bukan terkait dengan jemaah kita. Ada dugaan jemaah dibiarkan. Yang ada petugas haji kita full team. Ada beberapa spot di sana dan langsung ditangani,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kabid Kesehatan pada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dr Indro Murwoko. Menurutnya, jemaah haji Indonesia yang sakit atau meninggal di Tanah Suci mendapat penanganan sesuai prosedur.

“Laporan tenaga kesehatan di lapangan, jemaah yang sakit atau pingsan, selalu dilakukan treatment, dilakukan tindakan, kemudian dilakukan rujukan ke fasilitas kesehatan terdekat. Sejauh ini kita tidak mendapat laporan yang kemudian tidak ditangani. Kalau di berita kan hanya ditutupi kain ihram. Itu kita tidak mendapat laporan itu,” jelas dr Indro.

“Semua yang ditemui tenaga kesehatan, insya Allah dilakukan tindakan medis. Kalau dibutuhkan tindakan yang lebih lagi, maka dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat baik ke poskes di Mina muapun RS Arab Saudi yang ada di sekitar situ,” sambungnya.

Indro mengungkapkan, ketika ada jemaah yang meninggal, tenaga kesehatan akan membuat Certivicate of Death (COD). Setelah itu, petugas akan berkoordinasi dengan kantor maktab atau kantor sektor atau kantor daker untuk melengkapi persyaratan administrasi lainnya, misalnya: surat kesediaan dimakamkan, dan yang lain.

“Setelah administrasi disiapkan, biasanya diserahkan ke Masyariq atau Maktab untuk proses pemulasaraan,” tuturnya.sinpo

Komentar: