HUT Jakarta, DPRD Tetap Komitmen Dukung Pelestarian Budaya Betawi

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 22 Juni 2024 | 07:17 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (SinPo.id/dok.DDJP)
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (SinPo.id/dok.DDJP)

SinPo.id - Menyambut HUT ke-497 Kota Jakarta, DPRD DKI Jakarta tetap berkomitmen mendukung pelestarian Kebudayaan Betawi. 

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi berharap Kebudayaan Betawi tetap lestari dan menjadi ikon Kota Jakarta yang telah menanggalkan status ibukota negara.

“Saya meminta ke Bamus Betawi supaya yang begini ini (Seni Budaya Betawi) diperhatikan. Ayo lakukan sesuatu, lestarikan. Kita memberikan support penuh,” ujar Pras di halaman gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Pras mencontohkan, Bali sebagai daerah yang berhasil menjadikan budayanya sebagai instrumen utama pembangunan daerah. Hal itu perlu diteladani, agar Budaya Betawi tetap lestari dan mewarnai seluruh aspek pembangunan Jakarta.

“Kita sudah contohkan, di gedung DPRD ini ada ondel-ondel. Di rumah dinas juga ada. Supaya apa? kita mau tunjukan ini loh budaya kita,” kata Pras.

Menyambut HUT Kota Jakarta, DPRD DKI menghadirkan Lenong Betawi dari Yayasan Sanggar Betawi Mak Manih Nirin Kumpul diiringi oleh kelompok seni Gambang Kromong Subur Jaya. Penampilan disemarakkan Ucup Nirin alias Bang Ocit.

Dalam kesempatan itu, Bang Ocit berharap, Budaya Betawi tetap lestari di tengah gempuran budaya asing. “Ini momen yang tepat bagi seniman untuk berkarya. Mudah-mudahan Budaya Betawi tetap lestari,” ucap dia.

Di pagelaran Lenong Betawi itu, hadir pula Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan, Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI Desie Christhyana Sari, dan Bendahara Fraksi PDI Perjuangan Yuke Yurike.

Acara juga diramaikan dengan kehadiran komunitas Egrang Jakarta dan akan dilanjutkan dengan acara Nonton Bareng (Nobar) Layar Tancep yang memutar film tahun 80’an, pada pukul 19.00 WIB.sinpo

Komentar: