Joe Biden Deklarasikan Kebakaran Hutan di New Mexico sebagai Bencana Nasional

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 22 Juni 2024 | 05:47 WIB
Asap membubung di belakang Ruidoso, New Mexico (SinPo.id/AP)
Asap membubung di belakang Ruidoso, New Mexico (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, mengeluarkan deklarasi bencana untuk negara bagian New Mexico, yang sedang berjuang melawan kebakaran hutan yang kian meningkat.

Kebakaran hutan di dua tempat yang disebut "South Fork Fire" dan "Salt Fire" di Ruidoso telah menewaskan dua orang, menghanguskan sekitar 500 rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Kedua kebakaran tersebut diperkirakan telah menghanguskan area seluas 9.308 hektar, dan pada hari Kamis, 20 Juni 2024, kobaran api itu sama sekali belum dapat diatasi, kata para pejabat.

Deklarasi oleh presiden ini akan menyediakan dana federal untuk membantu upaya pemulihan, termasuk perumahan sementara, pinjaman tanpa bunga untuk menutupi kerugian properti yang tidak diasuransikan dan pekerjaan darurat lainnya di Lincoln County dan di tanah milik Suku Apache Mescalero, lapor kantor berita Associated Press.

Sebelumnya, Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham juga telah mendeklarasikan keadaan darurat di negara bagian itu.

“Pernyataan keadaan darurat untuk daerah-daerah lokal di negara bagian ini telah dilaksanakan sepenuhnya. Itu berarti sumber daya dapat mengalir dengan mudah,” ujar Gubernur Grisham.

Penyebab kebakaran di New Mexico ini sedang diselidiki.sinpo

Komentar: