PRABOWO BERTEMU KETUM KIM

Pertemuan Prabowo dan Para Ketum KIM Memantapkan Pemerintahan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 21 Juni 2024 | 18:46 WIB
Prabowo Subianto saat bertemu Ketum KIM (SinPo.id/ Instagram)
Prabowo Subianto saat bertemu Ketum KIM (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia, Igor Dirgantara, menilai pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai langkah memantapkan pemerintahan yang akan datang.

Igor menilai tidak ada masalah dengan ketidakhadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pertemuan itu. Sebab, Prabowo merupakan simbol keberlanjutan dari pemerintahan Jokowi.

"Sangat wajar jika mantan Danjen Kopassus ini bisa mengumpulkan dan bertemu dengan semua ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), plus Erick Thohir kemarin," kata Igor saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Menurutnya, program-program yang akan dijalankan oleh Prabowo ketika menjadi Presiden nantinya, membutuhkan soliditas dari partai-partai pendukungnya. Antara lain, program makan bergizi gratis, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga upaya hilirisasi.

"Begitu juga dengan postur kabinet yang nanti akan dibentuk, mutlak merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai Presiden RI terpilih," katanya.

Dia juga menilai pertemuan para petinggi parpol itu sebagai pemantapan koalisi KIM di Parlemen. Pertemuan itu juga bakal memantapkan keberlanjutan dari KIM untuk menghadapi Pilkada 2024.

"Terutama di wilayah pulau Jawa dan Sumatera yang bisa mencapai 78,5 juta pemilih," kata dia.

Sebelumnya, Prabowo bertemu dengan para menteri pemerintahan Jokowi yang notabene merupakan pimpinan partai di KIM, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Ada juga Menteri BUMN Erick Thohir yang turut hadir dalam pertemuan itu.

Pertemuan itu terjadi saat kegiatan diskusi Universitas Pertahanan yang digelar di Gedung Jenderal Sudirman, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024, berdasarkan foto-foto yang diunggah dalam akun Instagram Prabowo Subianto dan AHY. Mereka tampak mengikuti kegiatan itu dan saling berbincang saat duduk bersama di sebuah ruangan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI