PERANG GAZA

BKSAP Minta AS Gunakan Kekuasaannya untuk Hentikan Perang di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 19 Juni 2024 | 18:58 WIB
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta (SinPo.id/ Instagram)
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Sukamta, meminta Amerika Serikat (AS) menggunakan kekuasaannya untuk memerintahkan Israel menghentikan kejahatan perang di Gaza.

Hal itu ia sampaikan saat menerima delegasi dari The House Democracy Partnership (HDP) yang dipimpin oleh Nicholas J. Rahall, Member The United State House of Representatives.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan konsen kita dengan apa yang terjadi di Palestina, bagaimana pembunuhan yang terus terjadi, genosida yang dilakukan oleh Israel atas Palestina," kata Sukamta, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 19 Juni 2024.

"Apa yang terjadi di Gaza ini sebetulnya salah satu negara yang bisa memberikan kata setop kepada Israel itu adalah Amerika," lanjutnya.

Menanggapi permintaan itu, Senator AS tersebut secara pribadi, setuju dengan apa yang disuarakan Indonesia. Namun terkait perang di Gaza, Pemerintah Amerika tetap memiliki logikanya sendiri.

"Dia secara pribadi setuju dengan apa yang kita suarakan, bahwa apa yang terjadi di Gaza tidak boleh terjadi harus segera diakhiri, melanggar hak asasi manusia, dan menyebabkan puluhan ribu manusia terbunuh," ungkapnya.

Meski demikian, ia menyayangkan bahwa Pemerintah AS sampai saat ini belum mengambil tindakan untuk menghentikan kekejaman Israel di Gaza. Padahal sudah lebih dari 37.000 warga Gaza terbunuh dalam perang.

"Amerika sampai saat ini belum melakukan (untuk meminta Israel menghentikan genosida) itu, dan tentu itu tidak akan bisa dimaafkan oleh dunia dalam konteks demokrasi. Bahwa ternyata ada peristiwa besar, pembunuhan, genosida yang dibiarkan berjalan demikian saja," tandasnya.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI