IBADAH HAJI 2024

MPR Nilai Penyelenggaraan Haji 2024 Lebih Baik dari Tahun Lalu

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 18 Juni 2024 | 18:59 WIB
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menilai pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah atau Tahun 2024 bagi jemaah Indonesia berlangsung lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pelaksanaan haji lebih baik karena pada tahun ini puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Sejauh ini tidak ada tragedi penelantaran dan penumpukan jamaah di Muzdalifah seperti tahun lalu.

"Puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Jamaah bisa beribadah secara baik," kata Yandri dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2024.

Selain itu, dia menilai upaya mobilisasi oleh para petugas terhadap jemaah haji asal Indonesia dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina berjalan lebih baik. Menurutnya, data jemaah yang meninggal juga menurun di bandingkan tahun lalu.

Yandri sendiri telah berkunjung langsung ke Arab Saudi hari ini. Kedatangannya untuk mengecek kondisi jemaah haji Indonesia serta meninjau sistem permondokan bagi para jemaah.

Sejauh ini, kata dia, para jemaah haji Indonesia mengaku senang dengan pelayanan yang ada berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ke beberapa lokasi permondokan jemaah.

Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengingatkan kepada panitia atau petugas ibadah haji tahun 2024 agar mengawal dan mengawasi setiap pergerakan jemaah haji dari Indonesia, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Menurutnya, pengawasan khusus selama pergerakan jemaah dari Arafah ke Muzdalifah dan hingga ke Mina merupakan hal yang penting. Dia berharap tragedi Muzdalifah yang terjadi tahun lalu tidak terulang kembali, serta guna mencegah jemaah tersesat atau salah jalur.sinpo

Komentar: